Mengurus Visa Nasional Jerman ( Kumpul Keluarga)

00.31

Akhirnya setelah 3 bulan nunggu, Visa Nasional gw jadi juga. Karena buat gw, prosesnya tidak semulus yang gw bayangkan dibandingkan proses pengurusan Visa Schengen alias banyak drama gw akan share sedikit tentang pengurusan VISA NASIONAL JERMAN khususnya untuk KUMPUL KELUARGA.

Sebelumnya gw akan cerita sedikit kenapa gw perlu mengurus visa nasional ini. suami gw saat ini sedang mengambil master program di RWTH Aachen selama 2 tahun, dan rencananya gw akan nyusul kesana untuk beberapa bulan kedepan (kenapa hanya beberapa bulan? karena suami sudah tinggal semester terakhir tinggal beberapa bulan aja sampai pulang ke Indonesia, kenapa baru skrg menyusul? karena kebetulan gw bekerja dan baru dapat izin dari kantor baru-baru ini).
Gw mengurus visa ini langsung ke Kedutaan jerman di Jakarta, tanpa melalui agen. Ini bukan pertama kalinya gw mengurus visa di kedutaan Jerman sendiri karena sebelumnya sudah pernah mengurus Visa Schengen.Tapi khusus Visa nasional ini selain pengen tau proses pengurusannya tujuan laginnya : hemat.hehehe. Terus terang gw gtau berapa biaya yang dikeluarkan kalau lewat agen tapi gw berasumsi akan lebih hemat. Selain itu,dari pengalaman pengurusan visa Schengen sebelumnya, pengurusannya cukup mudah karena semua informasi sangat jelas dan pengurusannya tepat waktu (jerman bgt).

KEDUTAAN JERMAN
Bagi yang belum tau dimana lokasi kedutaan jerman, lokasinya ada di JL.MH thamrin no.1 (percis di depan Grand Indonesia-Menara BCA, sebelah Hotel Mandarin Oriental)


Kurang lebih bangunannya seperti ini :



Lokasi ini sangat strategis untuk dijangkau kendaraan umum. Kalai pakai Busway/ Transjakarta/ Kopaja/ Metromini, kamu bisa brenti di Halte ICBC Tosari dan jalan sedikit ke arah bunderan HI atau bisa pakai uber/taxi. tapi yang perlu diinget, di area Kedutaan jerman ini ga bisa dilalui kendaraan roda 2, alias sepeda motor jadi kalau kamu mau pake ojek kamu bisa brenti di ujung JL.Pamekasan yang menuju arah thamrin, dan jalan sedikit ke arah Bunderan HI nanti pasti keliatan banyak orang berbaris di pintu masuknya.
PENGAJUAN VISA NASIONAL
Di dalam pengurunsa Visa di Jerman, terdapat 2 tipe yaitu :
1) izin tinggal < 90 hari : Visa Schengen
2) Izin tinggal > 90 hari : Visa Nasional.
karena gw akan tinggal >90 hari, maka akan masuk ke kategori yang ke-2 ini dimana dokumen yang harus dilengkapi mengacu ke persyaratan Visa Nasional.
Dokumen-dokumen yang diperlukan di dalam pengurusan Visa Nasional kumpul keluarga ini sangat jelas informasinya di web, yang terdiri atas :
I. Persyaratan umum : izin tinggal di Jerman
http://www.jakarta.diplo.de/contentblob/4332004/Daten/6055897/D_id__Visa_Nasional.pdf
II.Persyaratan khusus
http://www.jakarta.diplo.de/contentblob/4351206/Daten/4760320/D6_id__Nachzug_zum_Ehegatten.pdf
Gw rasa, untuk detailnya udah banyak bgt blogs lain yang sudah membahas tips-tips ini dengan lebih detail, gw sendiri lebih banyak mengikuti tips dari blognya mba melly, di link berikut:

TAHAP APPROVAL
Alhamdulillah setelah semua persyaratan dokumen yang banyak itu lengkap dan dinyatakan lega pada tahap submission, gw lega banget.Tapii....ujiannya sesungguhnya baru muncul ditahap selanjutnya yaitu : APPROVAL.
Buat gw inilah tahap paling tough selama proses pengurusan. Berdasarkan dokumen di syarat pengajuan, visa diperkirakan bisa selesai dalam 6-8 minggu tapi memang sudah diinfokan juga bahwa proses bisa lebih lama juga.Untuk kasus gw prosesnya memakan waktu 12 minggu alias 3 bulan.
Kenapa bisa selama itu?
1. Visa pengundang
8 minggu setelah visa di submit, gw di telp sama pihak kedutaan. Gw kira visa sudah bisa diambil, ternyataa ada sedikit masalah yaitu dimana gw baru tau bahwa Pengundang (suami) harus memiliki visa tinggal minimal 1 tahun. Peraturan ini adalah aturan kota/Negara setempat .
Terus terang gw kaget banget, karena di dalam dokumen yang dijelaskan di kedutaan atau pun di beberapa blogs yang gw jadikan referensi hal ini tidak diinfokan. In actual, memang suami sudah menginfokan bahwa jika masa magang/studi lebih lama dari yg program beasiswa, maka besar kemungkinan akan ada extend masa study (dimana hal ini juga sudah menjadi hal yg umum bagi pelajar-pelajar di Jerman). Akan tetapi memang hingga saat gw mengajukan visa, visa tinggal suami disesuaikan dengan masa study yg ter guarantee dari beasiswa, dimana sudah <1 tahun. Dimana baru akan diperpanjang kemudian.
Akhirnya setelah gw mendatangi kedutaan Jerman (dengan membawa bukti proses visa) dan berdiskusi dengan staff kedutaan Jerman, pihak Kedutaan Jerman menginfokan bahwa diperlukan justifikasi yg kuat terkait dengan penjelasan saya di atas, yaitu: pernyataan resmi dari kampus terkait dengan masa study. Apabila tidak bisa memprovide dokumen yang kuat justifikasinya, besar kemungkinan visa akan DITOLAK. Ya Allah..langsung lemes rasanya mengingat perjuangan gw mulai dari les bahasa after office yang rasanya udah kaya S2 lagi saking intensifnya, les privat tambahan bahasa juga di rumah, jam-jam makan siang yang dihabiskan di atas ojek demi mengejar waktu pengurusan dokumen(sebelum waktu pelayanan tutup), selisih paham dan drama-drama selama pengurusan dokumen, hingga bersabar menunggu persetujuan dari kantor selama lebih dari setaun. Akhirnya pihak kedutaan memberi opsi apakah application akan dilanjutkan atau ditarik. Karena udah tanggung mengusahakan banyak hal selama hampir 1.5 tahun, gw prefer untuk dilanjutkan, sambil nanti akan berkoordinasi dengan suami terkait dengan proses approval di imigrasi Aachen.Karena semua proses visa, seperti yang sudah di dokumen persyaratan bahwa keputusan approval ini ada di imigrasi kota setempat.

Setelah tanya kesana kemari, dan googling (sayangnya tidak terlalu banyak info untuk case sejenis), seorang teman yg baru saja selesai masa studi dari Jerman share info bahwa kita harus lebih aktif berkomunikasi dengan imigrasi setempat dan pepet terus untuk monitoring progress.
Akhirnya gw dan suami mengikuti saran teman gw tsb.Selama proses ini,suami gw gtau udah berapa kali bulak balik ke imigrasi kota ataupun kampus untuk memonitor progress approval dokumen gw.menunggu 2-3 mingguan dari terakhir gw ke Kedutaan Jerman di Jakarta, akhirnya dokumen gw sampe juga. Memang pihak imigrasi kota sudah menginfokan bahwa orang yang akan dating ke Aachen banyak banget dengan prioritas yang berbeda-beda. Mulai dari pelajar, bisnis, pengungsi, hingga yang mau kumpul keluarga kaya gw. Jadi intinya harus sabar. Tapi mereka to be honest, baik banget ga bosen-bosennya ditanyain dan sangat helpful,sama sekali ga kasih janji-janji palsu. Setelah dokumen gw dinyatakan sudah sampai di imigrasi Aachen, pihak imigrasi Aachen menginfokan bahwa selanjutnya suami akan dikirimi surat undangan resmi dari imigrasi untuk meminta keterangan 2 hari kemudian. Ditunggu seminggu ko ga muncul-muncul, ternyata gw ga cantumin no.kamar di apt suami di form Visa ahahaha..(aslinya pengen nangis). Akhirnya suami balik lagi deh ke imigrasi kota. Setelah undangan resmi akhirnya sampai, ya pihak imigrasi kota juga menyarankan hal yang sama dengan pihak Kedutaan di Jakarta, yaitu :diperlukan statement of study dari kampus tentang masa studi ini.Terus terang untuk mendapatkan keterangan surat ini dari kampus juga ga mudah, butuh beberapa kali bulak balik hingga akhirnya surat ini bisa dikeluargkan.Setelah di submit ke pihak imigrasi kota, mereka bilang sudah OK.Legaaa...
2. Masa Aktif Passport
Nah ini masalah berikutnya nih. Di dokumen persyaratan masa berlaku passport diminta minimal 1 tahun. Saat apply Visa,passport gw masih aktif 13 bulan lagi.mepet sih, tapi dengan asumsi proses approval visa bisa 6 minggu, cukup aman.  Tapi karena porsesnya cukup lama,ketika proses berjalan masa passport gw sudah <1 tahun. Dan gw takut banget hal ini jadi masalah.

Akhirnya untuk mengklarifikasi hal ini gw coba telp ke kedutaan menanyakan apakah gw perlu bikin passport baru/tidak.gw coba nelp beberapa kali, tapi linenya selalu sibuk dan akhirnya gw coba email.dari pengalaman sebelumnya saat mengurus visa schengen, menanyakan lewat email ini lebih cepet responnya dan lebih jelas. Keuntungan lainnya semua serba tertulis jadi memudahkan jika terjadi sesuatu (mis : miss communication). Dari email-emailan tersebut gw diminta datang ke kedutaan tanpa membuat janji, cukup membawa email dari kedutaan aja (permintaan untuk datang langsung).


Berdasarkan diskusi dengan kedutaan, menurut mereka yg penting masa aktif passport lebih dari 6 bulan. 1 tahun dipersyaratkan untuk mengantisipasi incase pengurusan visa lama. jadi masalah passport amaaan.Tapi ketika gw di jerman gw diminta untuk memperpanjang masa passport gw.
PENGAMBILAN VISA
2 hari setelah pihak imigrasi kota mengapprove kelengkapan dokumen gw, email sakti dari kedutaan datang juga yang menginfokan bahwa proses visa gw disetujui dan visa bisa diambil. Jadi in total 12 minggu lah visa gw di approved sejak visa di submit. TADAAAAAAA rasanya kaya pecah telor!wkwkwk.
OK,pada saat pengambilan visa jangan lupa bawa :
1. email dari kedutaan bahwa visa sudah bisa diambil, di print2. bukti pembayaran visa
3. passport
4. perlengkapan perang (payung,kacamata item,minum) buat siap-siap kalau kepanasan atau kehujanan karna kita nunggu dipersialhkan masuk ke Kedutaan di ruang terbuka.

Prosesnya cepet ko, sebelum jam 10 (kalau ga salah)passport di drop, jam 11 sudah bisa diambil.
TIPS SELAMA PENGURUSAN DOKUMENTASI DAN APPLY VISA NASIONAL
1. Daftar Goethe untuk A1 sertifikat
Buat yang belum tau, Goethe ini kelasnya ga buka setiap saat.ada periode-periode tertentu pendaftaran dimana kelas-kelas baru dibuka, jadi pastiin liat jadwal pendaftarannya liat web Goethe.Selain itu, karena kelasnya terbatas dan peminatnya banyaaaaaaaaaaak banget jadi pada hari pendaftaran ngantrilah dari SUBUH karena diinfokan mbak-mbaknya datanglah sepagi mungkin. gw waktu itu ngantri jam 5.30 dan berharap dapet no.1 taunya dapet no.100 sekian wkwkwkwk (dan dibatasin jumlah pengantrinya). Gw juga kaget kenapa bisa segitunya. ternyata setelah gw masuk les,emang  banyak loh yg mau ke Jerman, yaitu : yg mau sekolah (mostly anak sma yg pengen S1 di jerman tapi ada juga yg mau S2 atau S3), yg ikut suami/istri kaya gw,  yg mau kerja di jerman, termasuk yg mau jadi au pair. Jadi, daftar lah dari pagi banget (subuh), unless kalo ga dapet  lo harus nunggu 4 bulan lagi buat kelas berikutnya.
2. Saat buat janji dengan Pihak Kedutaan Jerman, datanglah lebih awal dari jadwal yang ditentukan. Biasanya antriannya lumayan, karena pada jam yang sama pun, ada beberapa org yang membuat visa juga untuk kepentingan yang berbeda, misalnya : business trip, pelajar, dan turis. jadi kebayang dong ngantrinya kaya gimana. dan jangan lupa, Jerman=tepat waktu!
3. Bawa : Payung, Air minum & Kaca mata item
Jadi perlu diketahui, kita akan ngantri dipinggir jalan (trotoar) tanpa atep!. jadii sebelum kita sampai ke gerbang pintu masuk, kita berjejer tanpa pohon-pohon rindang ataupun apapun yang bikin teduh. Bawa payung & air minum WAJIB banget biar ga dehidrasi atau keujanan. Nah! kalau kaca mata item sih biar ga silau aja.. dan bikin keren dikit..hehe.. makanya gw lebih prefer bikin janji sepagi mungkin biar adem dan abis itu bisa langsung ngantor.
4. Prepare fotokopi dokumen tambahan
Jangan dipasin banget dengan yang diminta. seinget gw, dokumen yang kita kasih itu akan di split 3 oleh orang kedutaan,jadi pastiin minimal ada 3 copy dari dokumen yang diminta buat jaga-jaga.
Incase lupa, foto kopi terdekat ada di 2 tempat:1)Hotel Mandarin(tapiii... mahallnya..duile) 2)Bumi Daya Plaza (Koperasi Karyawan di basement, nah! yang ini harganya manusiawi selembar Rp.500 kalau ga salah, jual materai juga, dan sekalian bisa jajan).

5. Bawa bacaan.
Ketika kita sudah diperbolehkan masuk ke Kedutaan Jerman, for security purposes semua barang alat elektronik spt hp/laptop HARUS dimatikan dan dititipkan di ruang security, jadi gabisa tuh nungguin sambil liat instagram, post path, ataupun dengerin musik. makanya untuk menghindari matgay alias mati gaya prepare bacaan akan sangat menolong incase kamu harus nunggu lamaa bgt.
6. Bawa alat tulis, materai
ini sih buat jaga-jaga aja, incase diperlukan

Buat gw proses pengurusan Visa Nasional ini sendiri adalah pengalaman yang berharga banget. Dan gw juga takjub ternyata birokrasi di Indonesia untuk pelayanan masyarakat juga udah jauh lebih baik (paling tidak dari ekspektasi gw yg ngira bakal lebih ribet)
Sekarang gw lagi packing dan 4 hari lagi gw bakal berangkat ke Aachen :) so beyond happy!
Buat yang sedang mengurus visa ke jerman juga, vielgluck!dan tetap semangat ya.. I made it and you will too !




You Might Also Like

31 komentar

  1. Hi Mba Gina, terima kasih sudah share pengalamannya. Saya jg dalam proses mengajukan visa kumpul keluarga. Ada beberapa pertanyaan, kalau tidak merepotkan mohon bantuannya ^^.
    Untuk menunjukkan kemampuan finansial, kita sebagai pihak yang diundang perlu menunjukkan rekening koran gak ya? Atau cukup dari pihak suami?
    Lalu setelah kita memasukkan berkas di Kedutaan Jerman di Indonesia, adakah tahap2 yang harus dilakukan suami sebagai yang mengundang?

    Terima kasih :)

    BalasHapus
  2. halo mba tika.. :) aku coba bantu jawab ya:
    1.KEMAMPUAN FINANSIAL.cukup dari suami mba.kalau aku kebetulan kmrn menggunakan Letter of Guarantee dari pemberi beasiswa suami dan dianggap sudah cukup.
    2.POST SUBMISSION.
    -tahap selanjutnya sebaiknya suami mba tika memantau terus dengan imigrasi kota tempat suami mba tika tinggal.apakah sudah masuk atau belum datanya dari imigrasi Indonesia.kalau pengalaman aku, datanya cukup lama diterima oleh imigrasi kota Aachen, jadi suamiku bulak balik beberapa kali untuk memastikan.orang imigrasinya ditempel terus saja mba, mereka sangat helpful sekali.
    -Setelah data mba tika dinyatakan masuk,selanjutnya suami mba tika akan dikirimi undangan oleh pihak imigrasi kota untuk dimintai klarifikasi terkait data2 hingga pengecekan tempat tinggal (sudah sesuai atau belum dsb). nanti saat dipanggil langsung ditanyakan saja apakah semua sudah clear atau belum. Saat suamiku dipanggil,sekalian waktu itu ditanyakan apakah sudah clear atau belum. ternyata ada beberapa dokumen tambahan yang diminta,jadi sempet beberapa kali juga bulak balik lagi . nah saat pengurusan dok tmbahan spt ini, saran dari aku pastikan kita komunikasi dengan orang yg sama waktu manggil kita sebelumnya supaya lebih mudah prosesnya.
    -Dari sejak di infokan sudah clear oleh imigrasi kota di Jerman, 2 hari berikutnya aku sudah di email kedutaan jerman Jakarta untuk pengambiilan visa.

    sukses ya mba tika semoga prosesnya lancar.. :)

    BalasHapus
  3. Hi Salam kenal.

    Aku udh 8 Minggu lebih apply visa blm ada kabar. Udh email ABH disana katanya dokumen udh sampai tp blm final proses masih butuh waktu. Padahal udh tiga Minggu yang lalu. Sampai skrg juga blm ada kabar. Apakah dulu suami kamu bolak-balik ke Imigrasi di sana harus Dengan appointment Dulu? Karena terus terang mau email mereka lg takut annoyed mereka gt Kalo tanya2 terus.. Enaknya gimna ya.. Butuh saran nih. Thanks

    BalasHapus
  4. halo! salam kenal juga :)
    dulu suamiku langsung dateng aja, nnati biasanya disana langsung ambil antrian. mereka bisa langsung cek statusnya. langsung ditanyakan aja apakah ada masalah dengan visanya? gpp ko, suamiku waktu itu udah gakeitung berapa kali bulak balik wkwkw..karena dokumen yg pertama dilengkapi dianggap belum pas, jadi mereka masih minta ini itu..pokonya kita tanya sedetail mungkin apa yg kurang, terus kalau diminta dokumen tambahan ditanya aja specific content yg dia mau (keywords) supaya lebih sesuai dan tanyakan lagi aja apakah hrs buat janji lagi atau engga buat penyerahannya. oh iya, usahakan dengan org yg sama ya..supaya dia inget juga ikut bantu kita

    semoga membantu yaa :)

    BalasHapus
  5. Halo..

    Mengenai info sudah sampainya dokumen ke ABH setempat itu cuma bisa didapat di ABH-nya ya? Kalo ditanyain ke kedutaan jerman di jakarta mereka bisa tau info-nya ga?

    Danke..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo!
      Maaf ya baru sempat membalas..gimana apakah skrg sdh ada progress? Dulu waktu itu suamiku yg langsung ke ABH untuk ngecek langsung..

      Hapus
  6. Hallo mba.. thanks sudah sharing.
    Saya juga mau ajukan visa kumpul keluarga dan rada deg2an jg takut dokumen kurang lengkap dan saya hrs bolak balik/jd ketunda lama (fyi saya di kota medan).
    Ada beberapa yang ingin saya tanyakan:
    1. akte nikah yg sdh di terjemahkan apakah harus di legalisir lg ??
    2. surat keterangan dari suami itu apakah berupa copy surat kontrak rmh di jerman, copy visa yg menunjukkan keterangan tinggalnya, surat keterangan dari t4 kerja/kampus suami apakah perlu ??? trus surat tertulis dari suami isinya ttg apa biasanya ?
    3. dulu saat saya mengunjungi jerman msh dgn visa turis, suami ajukan surat undangan resmi yg di minta di kantor imigrasi kota t4 tgglnya.. nah utk ajukan visa kumpul keluarga apakah suami perlu lg buat surat undangan resmi yg di minta di imigrasi ??
    4. utk asuransi, apakah perlu lampirkan masing2 asuransi suami dan istri atau cukup punya suami saja ?

    sori agak byk pertanyaan soalnya serem sama proses visanya... apalagi kl kurang 1 dokumen aja, waktu makin terundur dan kekurangannya saya bkn di kota jkt jd agak repot bagi saya bolak balik mdn-jkt. Dan setauku jg jadwal janji utk pengajuan visa hrs jauh hari sdh di lakukan.. kalo dlm hari saya ajukan visa ada data ga beres/kurang, takutnya di suruh lengkapi dan ulang bikin janji.. bs nangis guling2 dah gw disana.

    Danke.

    BalasHapus
  7. Hai salam kenal ya sebelumnya..aku coba jawab satu2 ya
    1. Iya harus dilegalisir oleh kedutaan, nanti bisa lgs dtg ke kedutaan tanpa buat janji tinggal bilang perlu legalisir

    2. Aku semua dilampirin sebagai pendukung surat keterangan suami.. yg jelas untuk mendukung konten surat yg dijelaskan di http://www.jakarta.diplo.de/contentblob/4351206/Daten/4760320/D6_id__Nachzug_zum_Ehegatten.pdf

    3.nah ini beda isinya dgn saat kunjungan. Hal ini terkait konten yg harus dijelaskan di dalam surat sbgmn detail d poin 2 ya

    4. Aku lampirin 22 nya.. untuk suami kan baru bisa dipakai disana..nah untuk 3 bulam pertama kan kita buat sendiri ya..itu dilampirkan juga sbg pendukung

    Goodluck ya semoga lancar jaya.. bawa aja dokumennya semuaa heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke thanks infonya ya... Semoga proses pengajuan visa ku jg lancar dan saya juga ke aachen.

      Hapus
    2. Aminn aminn..semoga lancar yaa semuanyaa..wahh mau ke aachen juga ya?kapan rencananya? Semoga nanti bisa ktmu yaaa :)

      Hapus
    3. Rencana mau ajuin bulan feb, tp ini mau bikin janji online utk bln feb kok full semua jadwalnya di booking orang T.T
      stress gw utk ngurus visa aja byk perjuangan..
      btw kalo kita bikin termin tp ternyata data yang di kirim dr jerman ke indo blm nyampe, termin yg sdh di buat bole di batalin ?? kalo bole gimn cara batalin ??

      Hapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Halo mba, salam kenal, sy juga lagi ngurus visa kumpul keluarga ke Aachen. yg mau sy tanya

    1. Surat undangan dari suami harus ada stempel imigrasi setempat atau ga ya kalo di Aachen?

    2. Surat keterangan masa study mintanya di bagian apa dan ngurusnya waktu itu gimana? soalnya visa suami sy juga kurang dari setahun, takut bermasalah lagi nanti

    makasih banyak ya mba sharingnya, semoga drama bikin visa ini segera happy ending :")

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haii salam kenal juga ya..

      1. Waktu aku ga perlu tinggal statement lgs saja dari suami .. semoga ga ada perubahan peraturan ya..

      2. Nah waktu itu suami lgs dateng ke bagian admin di fakultas yg menyatakan berapa credit yg sudah terpenuhi dan berapa lagi sisanya dan estimasi waktu penyelesaian masa studinya tsb.. dari situ nanti terlihat estimasinya bahwa in actual kemungkinan besar akan extend atau tdk..

      Semangat ya! Ini tahap paling melelahkan emang.. tapi memang kita yg harus aktif banyak tanya untuk solusi dan opsi2 yg mungkin bisa kita usahakan baik ke kedutaan ataupun ke abh di jerman..

      Wah mau ke aachen juga ya? Semoga nanti bisa sempet ktmu ya disana.. :)

      Hapus
    2. oke mbaa, makasih banyak ya saran dan infonyaa.
      kemaren suami aku sempet ke abh malah katanya dia dimarahin waktu nanya syarat dan minta cap abh buat invitation letter -_-
      mesti sabar banget yaa ternyataa.
      insyaAllah semoga ada kesempatan ketemu di sana yaa. mba Gina sampe kapan di Aachen?

      Hapus
    3. Ya ampun wkwkwkw sabar ya..dlu kayanya aku sama suami dah tebel mukaa ahahhaah yg penting semua dilancarin..aku lagi plg ke indo tapi taun depan kesana lagi..kalau boleh tau suaminya namanya siapa? Suamiku namanya rizky usman..mumgkin nanti bisa kontak2 suamiku juga buat nanya2..boleh minta email? Nanti aku kirim kontak ya..

      Hapus
    4. hehehe iyaa aamiin aamiin. oh gituu, di indonya di mana? oke mba suamiku namanya Durra.
      ini email aku mutiaraam@gmail.com
      makasih banyaaak mba Ginaa :")

      Hapus
    5. Aku d jakarta.. kamu dimana? Wah coba kutanya suamiku ya siapa tau kenal..hehe eh aku email ya

      Hapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. Hwaa dah penuh ya? Udah di cek apply nya buat yg visa nasional kan? Soalnya yg visa nasional kan loketnya beda sama yg schengen waktu itu si aku kebetulan lebih banyak slotnya.. btw klo boleh tau data yg dikirim dr jerman ala ya? Iyaa saranku diestimasiin aja pas udah ada soalnya klo kita cancel buat new book itu ada jeda waktunya gitu gbsa langsung re schedule saat itu.. untuk cancellationnya ada ko link nya di email konfirmasi saat kita buat termin..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thx mba sdh di ksh tau soal cancel termin yg ternyata butuh waktu utk new book kembali..
      iya sdh full dan sdh saya email lalu di balas suruh tiap ari ngecek websitenya utk termin visa nasional kwkwkw..
      kebetulan akte nikah asli yg sdh diterjemahkan ke bawa ke jerman makanya jd butuh di kirim kembali ke indo T.T
      trus surat tertulis itu kan butuh asli dan ttd kan ?? jd itu jg mau sekalian di kirim.
      kemudian msh ada problem, suamiku bln oct baru pindah aachen dari kota lain di jerman & akhir des baru dpt kontrak rmh baru. Kontrak rmh sdh ttd, cuman surat bukti kalo suami sdh pindah ke alamat itu blm di ttd vermieter, lalu suami ngejar vermieternya ttg surat itu tp vermieternya sdh kakek2 gt dan slow respon. Surat itu sangat penting utk dilapor ke dinas kependudukan aachen dan itu adlh surat anmeldenbestatigung. Sdh gitu visa suami baru aja di perpanjang dan prosesnya 6 minggu baru siap. Aduh stress dah pokoknya T.T
      Btw saat ajukan visa, jika saya hanya lampirkan surat anmeldenbestatigung tanpa lampirin visa suami itu ntah di accept ga ya ??

      Hapus
    2. Haii maaf ya aku baru merespon

      Wah kompleks juga ya wkwkw tapp aku juga dlu sama ko mengingat kan suami pendatang ya jadi banyak juga admin yg harus diselesaiin dlu

      Setauku si visa suami harus firm dlu karna nantinya itu yg dijadikan reference dasar untuk berbagai hal termasuk insurance..jadi sebaiknya nanti kalau buat termin baru dipastikan aja timeline pas..

      Untuk surat undangan ga harus asli ko, aku cek d webnya cukup yg scan juga gpp.. karna suami pakai tanda tangan elektronik..dan ga dipermasalahin sptnya.

      Hapus
  12. Halo mbak Gina salam kenal ya. Thankyou for sharing. Oiya saya mau tanya. Apa saya bisa mendapatkn visa untuk tinggal di Jerman sedangkn suami saya adalah tentara amerika yang sedang bertugas di Jerman. Kami menikah di Indonesia. Jika memang bs persyaratannya apa saja ?.Terimakasih sebelumnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai salam kenal jugaa..

      Waduh,terus terang aku kurang tau wkwkw walaupun menurutku harusnya bisa apalagi suamimu bertugas untuk negara ya..

      Tapi untuk lebih detailnya sebaiknya bisa email or telp ke botschaft untuk memastikan kalau bisa kamu bisa apply via jalur yg mana..

      Good luck yaa

      Hapus
    2. Hallo mbak Sasha salam kenal, kebetulan aku lagi ngajuin visa nasional kumpul keluarga dan case kita sama, suamiku militer WN Amerika yg tugas di Jerman. Mbak Sasha sudah dapat visanya?

      Hapus
  13. Submit Visa Nasional dari tgl 5 Maret sampe sekarang blm selesai. kebetulan suami adalah WN Pakistan pemegang Blue Card jd ga perlu ada sertifikat Gothe A1 saat apply visa..
    Suami udah ke Imigrasi di Kota Mainz untuk check jawaban yg di dapet masih proses .. aku email dan telfon ke kedutaan pun jawabannya sama masih proses dan blm ada update dr Imigrasi Jerman .. sedddiiiihh pingin cpt2 kumpul ama suami.. kira2 aku dan suami gimana ya mba? Terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak berapa lama pengurusan visa kmren kak? Suami aku juga WNA Pakistan pemegang Blue Card? Aku apply tgl 06 Oktober kmren udah mau 6 minggu belum ada kabar juga mengenai visa nya :(

      Hapus
  14. Hallo kak.. Suka banget bacanya... Semoga tahun ini aku bisa nyusul ke jerman

    BalasHapus
  15. Hai, biaya pengurusan visa kumpul keluarga berapa rupiah ya?

    BalasHapus
  16. Halo untuk sertifikasi A1 apakah tidak bs menggunakan pengecualian ? Misal dgn ijazah S1 dan S2 yg diakui serta pengecualian krn tinggal hanya sementara

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai setauku syaratnya memang minimum A1 yg masih valid.. -Gina-

      Hapus

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images