BELANJA DI MARKT PLATZ

04.21


MARKT am MARKT PLATZ.sumber ; doc:pribadi
HALO!
ada yang menarik dari Rathaus khususnya Hari Selasa & Kamis : MARKT alias PASAR. Pasar disini ga permanen dan ga muncul tiap hari hanya beberapa hari tertentu aja dalam seminggu dan jam bukanya dari pagi sampai siang aja (jam 7 pagi-jam 1 atau 2 siang). Sebenernya markt ga cuma di MARKT PLATZ aja, dihampir setiap area ada juga ko dan sebenernya belanja bisa juga di toko-toko bahan makanan lainnya, tapi rasanya belanja disini lebih seru! Karena ada dipusat kota dan lumayan buat cuci mata sambel jalan-jalan disekitarnya



Pasarnya percis di depan "Rathaus". sumber : doc.pribadi







Di Aachen, pasar mingguan itu ada jadwalnya di web portal kota, yaitu : http://www.aachen.de/DE/wirtschaft_technologie/wirtschaftsservice/einzelhandel/wochenmarkt/index.html gw sampai saat ini masih amazed, karna info di portal kota ini lengkap banget dan menolong banget buat para pendatang kaya gw.mulai dari les bahasa sampe pasar gini.jadwal pasar di Aachen, yaitu sbb:

Innenstadt:
 
 
 
MarktAm MarktDi und Do7.00 bis 14.00 Uhr
BurtscheidKapellenstraßeFr7.00 bis 13.00 Uhr
MünsterplatzMünsterplatzSa9.00 bis 14.00 Uhr
KronenbergJohannes-Ernst-PlatzMi7.00 bis 13.00 Uhr
Rothe-ErdeVorplatz
Bahnhof Rothe-Erde
(Adalbertsteinweg / Beverstraße)
Mi7.00 bis 13.00 Uhr
Frankenberger
Viertel
NeumarktSa7.00 bis 13.00 Uhr
 
 
 
 
Stadtbezirke:
 
 
 
BrandMarktplatzDi und Sa7.00 bis 13.00 Uhr
EilendorfSeverinusplatzDo7.00 bis 13.00 Uhr
HaarenHaarener GrachtFr7.00 bis 13.00 Uhr
KornelimünsterKorneliusmarktFr7.00 bis 13.00 Uhr
RichterichRathausplatzMi7.00 bis 13.00 Uhr
Pasar disini ga seramai pasar kaya di Indo. Kalau disini setiap pasar, isinya pasti : Penjual Daging, Penjual ikan, Penjual Bunga,Penjual Kentang, Penjual Buah dan sayur, Penjual Madu.tapi disini masing-masing jenis yang jualan paling cuma satu atau dua. yang menarik tukang bunga sih karena bunga bagus dan murah-murah. tapi gw ga beli sih,liat2 aja..sayang,mending dipake jajan yg lain wkwkwk. yang juga disayangkan pasar disini jajanannya roti dan real food lainnya,gada : cilok,bakso malang,lumpiah basah 😂
Sayur dan Buah nya seger-seger banget.sumber:doc.pribadi


Spanien Orange. sumber : doc.pribadi

Kalau ditanya murah apa mahal, gw terus terang bukan pembanding yg detail bgt hehe.. tapi kalo dibanding-banding si harganya 11-12 aja sama kaya di tempat lain karena gw sendiri tiap belanja dikit-dikit aja. gw pas kesini beli madu, sayang lupa gw foto kedai yg jualnya. pdahal disitu selain jual madu untuk dikonsumsi ada juga hand cream madu, body cream madu,dsb.lucu bgt.
Nah! favorit gw kalau kesini adalah :beli BACKFISCH!alias ikan fillet yang digoreng. jenis ikan yang dimasaknya itu weiß fisch atau ikan putih. gw rasa ini dory sih, tapi gtau juga deng gw ga ahli dalam perikanan hahaha..rasanya enak banget dan gede kira2 300 gram lah. harganya kira2 4.5 euro. tapi mereka jual per gam itungannya per 100 gram kurang lebih 1.3 euro. lumayan banget buat makan berdua sama suami. biasanya disajiinnya gapake saus apa2  karna kulitnya udah enak. tapii dasar orang Indonesia, kurang afdol kalo ga disambelin atau dicocol saos. biasanya ikan ini gw bawa pulang dan dimakan bersama NASI dan SAMBEL BELIBIS atau SAMBEL MATAH.nom nom nom... enak bgt

Penjual BackFisch (sebelah kanan). sumber:doc.pribadi
Dari beberapa pasar (selain MARKT PLATZ) yang gw datengin, yang jualan ini pasti orang Belanda, belum ketemu org Jerman. (mungkin ada yg tau kenapa?). Emang si waktu ke Belanda yang jualan ikan di kedai-kedai gini banyak banget (dan tetep enak).
Beberapa penjual yang gw temuin di pasar, mereka ga bias bahasa inggris. Jadi, usahakan lah pake bahasa Jerman. paling engga untuk : 1) nanya harga 2)bayar 3)bilang mau beli apa dan berapa. lumayan lah pelajaran A1 itu bener2 kepake menurut gw paling engga untuk belanja-belanja gini selamet lah.. yg runyem itu kalu udah dengerin pertanyaan dia,hahaha. jadi kalau ngomong bisa tapi kalo ditanya balik hadeuh harus loading dulu.. termasuk kalo dia nyebutin angka yang cepet bgt.karena kan di bahasa Jerman itu sen nya dulu baru euronya. kalo ga nyimak dengan baik yaa udah, kasih aja uang lo yg paling gede,ntar juga dikasih kembalian..hahaha.. tapi sampai saat ini gw masih melatih bahasa Jerman gw terutama horen, biar lebih pinter kalo diajak ngomong.😀Begitulah cerita gw tentang salah satu pasar di Aachen,yaitu di MARKT PLATZ. jadi kalau mau kesini, jangan lupa ya : Selasa (Dienstag) & Kamis (Donnerstag).







 








You Might Also Like

0 komentar

Popular Posts

Like us on Facebook

Flickr Images